Wisata Sepeda di Kampung Inggris – Pare

Kampung Inggris PareDi Kampung Inggris, sepeda adalah alat transportasi yang populer. Ke ATM, ke kursusan, warung makan, laundry atau jalan-jalan sekitar Kampung Inggris, hampir semua member pasti mengendarai sepeda.

Berbicara tentang jalan-jalan, ternyata di sekitaran Kampung Inggris ada beberapa tempat wisata menarik yang bisa dijangkau dengan bersepeda, wisata sehat dan murah 🙂

Alun-alun Kota Pare

Bersepeda ke alun-alun Pare membutuhkan waktu 20-30 menit tergantung kecepatan. Seperti alun-alun di Pulau Jawa pada umumnya, alun-alun kota Pare juga ramai dikunjungi dan digunakan sebagai tempat nongkrong. Waktu yang tepat untuk bersepeda ke alun-alun Pare adalah di malam minggu dan hari Sabtu/Minggu. Di pagi hari (Sabtu/Minggu), alun-alun Pare selalu ramai oleh anak muda Pare yang duduk lesehan, sarapan dan ngobrol.

Alun-alun Kota PareLontong sayur, bubur ayam, siomay, Batagor, nasi pecel, nasi tumpang, susu segar dan susu kedelai, dan sate bekicot adalah jenis makanan yang umum dijumpai di pagi hari. Sedangkan di malam hari, alun-alun rame oleh dentuman musik dangdut dari penjual VCD. Roti goreng, molen, pisang dan ubi goreng, dan angkringan ala Jogja adalah makanan yang dijumpai ketika bersepeda ke alun-alun Pare di malam hari.

Tugu Garuda Park

Garuda Park adalah sebuah taman yang terletak di pertigaan jalan, dan biasanya rame di malam Minggu dan malam Senin. Ada banyak angkringan lesehan dan warung kecil di sektar Garuda Park. Tentu menyenangkan sekali menikmati malam sambil lesehan dan ngobrol dengan teman-teman di bawah temaram lampu Garuda Park.

hutan kota Pare

Hutan Kota

Pada awalnya saya tak tahu kalau di Pare ini juga ada hutan kota. Ketika capek bersepeda keliling Pare, Herman mengajak saya dan Vby mampir ke hutan kota. Ternyata letaknya dekat dari Garuda Park, ke arah jalan menuju Kediri. Menyenangkan sekali beristurahat di sana setelah capek bersepeda. Meskipun hutan kotanya agak kecil, tetapi tetap rindang dan sejuk.

Candi dan Goa Surowono

Untuk menuju Candi Surowono, dibutuhkan waktu 30-40 menit bersepeda. Candi Surowono merupakan candi peninggalan sejarah. Jalan menuju Candi Surowono mulusss baget, ditambah lagi dengan pemandangan persawahan dan perkebunan di sepanjang jalan tentulah amat menyenangkan. Ohya, jangan membayangkan candi semacam Borobudur atau Prambanan ya, karna yang tersisa adalah reruntuhan candi. Biaya masuknya 1000 rupiah per orang.

Candi SurowonoGoa Surowono hanya berjarak 5 menit bersepeda dari Candi Surowono. Kita dapat menyusuri goa dengan dipandu oleh penduduk setempat (biaya 1000 rupiah per orang). Goanya gelap dan berair, semacam ada aliran sungai di dalam goa, jadi siap-siap saja basah kuyup 😀

sepeda ke surowonoInilah beberapa pilihan wisata di sekitar Kampung Inggris Pare yang bisa dijangkau dengan bersepeda. Happy cycling 🙂

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + sixteen =