Sejuta Pesona Alam Sulsel

Pesona Alam Sulsel

Tahun 2012, Sulsel bertekad menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia. Kampanye wisata pun terus digencarkan dengan menggalang kerja sama semua pihak, termasuk Changi Airport,Singapura.

Yang, paling terkenal di Sulsel adalah Toraja. Daerah ini telah menjadi ikon wisata Sulsel yang pernah mengalami masa keemasan di era 80-90- an. Tana Toraja (Tator) dan Toraja Utara (Torut) terletak sekitar 328 kilometer di utara Kota Makassar. Tator dan Torut berada di ketinggian 300 hingga 2.880 meter dari permukaan laut dengan suhu antara 16-28 derajat celcius. Ritual adat yang terkenal hingga ke mancanegara di Toraja adalah rambu solo (kedukaan).

Kota Makassar juga telah menjadi tujuan utama wisata di Sulsel. Selain terkenal dengan Benteng Fort Rotterdam, Pantai Losari dan Akkarena, Kota Makassar juga memiliki kompleks makam Raja-raja Tallo, Pangeran Diponegoro, Syekh Yusuf,dan Sultan Hasanuddin. Objek wisata indoor terbesar di kawasan timur Indonesia (KTI), Trans Studio Theme Park, pun berada di Makassar.

Sedangkan Kabupaten Maros, memiliki daya tarik alam tiada duanya di kawasan hutan nasional Bantimurung Bulusaraung. Di sini terdapat air terjun, habitat kupu-kupu langka, dan pegunungan karst terluas kedua di dunia. Gowa juga menyimpan potensi wisata tak kalah menarik dibanding daerah lain, yakni, Istana Ballalompoa dan kawasan puncak Malino. Daerah ini terkenal dengan hawanya yang sejuk.

Pesona Alam Sulsel

Selayar memiliki wisata bahari Takabonerate yang memesona.Sedangkan Bulukumba terkenal dengan Pantai Tanjung Bira. Dengan seluruh potensi wisata itu, Sulsel optimistis menggaet wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.Untuk tujuan itu, Sulsel mengemas program Visit South Sulawesi.

Untuk menyosong Visit South Sulawesi 2012, Pemprov telah berkoordinasi dengan 24 kabupaten/kota di Sulsel untuk minimal membuat satu event wisata di daerah masingmasing.“ Setiap bulannya akan ada satu event internasional yang digelar dan digilir di tiap daerah. Selain itu, akan ada daerah yang menggelar lebih dari satu event untuk menyukseskan Visit South Sulawesi 2012 tersebut,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Sulsel M.Suaib Mallombassi

Sumber : Harian Indonesia

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =