Penyebab Anyang-Anyangan Saat Liburan dan Tips Mengatasinya

Penyebab Anyang-Anyangan Saat Liburan dan Tips Mengatasinya

Penyebab Anyang-Anyangan Saat Liburan dan Tips Mengatasinya

Liburan yang seharusnya penuh sukacita tentu akan berubah jadi gundah gulana saat ada yang mengganggu atau tidak sesuai dengan yang direncanakan. Salah satu yang harus diwaspadai adalah anyang-anyangan yang bisa saja menyerang saat sedang berlibur. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab, bahkan terkadang tanpa kita sadari justru kebiasaan buruk saat sedang liburanlah yang menjadi pemicunya.

Anyang-anyang adalah rasa ingin buang air terus menerus namun hanya sedikit yang keluar, terkadang disertai rasa nyeri dan panas saat sedang buang air kecil. Anyang-anyangan ini merupakan salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. Nah loh, baca ini mulai pada waspada nih 😀

Menurut penelitian, 5 di antara 10 wanita pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK) dengan gejala awal anyang-anyangan. Wanita lebih rentan terserang anyang-anyangan karena saluran kemihnya lebih pendek (sekitar 3-5 centimeter), sehingga bakteri akan lebih mudah mencapai kandung kemih. Berbeda dengan uretra laki-laki yang lebih panjang sepanjang penisnya, sehingga kuman sulit masuk.

Mengapa rentan terkena anyang-anyangan saat sedang liburan? Ini dia beberapa faktor yang sering menjadi pemicunya sekaligus cara mengatasinya.

Suka menahan saat ingin buang air kecil

Hayooo siapa yang punya kebiasaan seperti ini? *acung jari pelan-pelan* Biasa saat liburan kan kita males ya untuk mampir-mampir ke toilet umum, karena khawatir toiletnya jorok atau airnya ga mengalir. Nah ternyata anyang-anyangan bisa terjadi karena kebiasaan menahan kencing terlalu lama. Jadi ya jangan pernah menunda-nunda saat merasa ingin buang air kecil. Biasakan diri untuk rutin BAK meskipun belum rasa kebelet.

Kamar mandi yang kotor

Anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih dapat disebabkan oleh kuman atau bakteri. Kuman ini dapat masuk pada saluran kemih ketika kita berada di dalam kamar mandi. Saat liburan, agak sulit ya kalau memilih-milih kamar mandi soalnya jatuhnya ya bisa-bisa menahan hasrat BAK lagi deh. Saat sedang berada di resto atau cafe untuk istirahat atau makan sebaiknya dimanfaatkan sekalian juga untuk buang air kecil. Etapi ada juga kok tempat wisata yang toiletnya terjaga kebersihannya. Kalau saya, dibanding mampir buang air kecil di rest area pom bensin, lebih memilih untuk mampir di masjid 😀

Kurang minum air putih

Kebiasaan buruk lainnya saat liburan nih. Biasa males kan bawa-bawa botol air minum ke mana-mana, alasannya berat lah nanti beli aja di tempat wisata. Tanpa kita sadari yaaa tubuh jadi kurang asupan cairan. Ketika tubuh kita tidak terhidrasi dengan baik, maka produksi urin menurun yang akan menyebabkan kita mengalami kesulitan untuk berkemih. Urin yang dikeluarkan pun jadi sedikit sehingga menimbulkan nyeri dan rasa yang tidak tuntas alias anyang-anyangan. Jadiii jangan malas bawa botol air minum saat sedang liburan yaaa.

Tidak menjaga kebersihan area kewanitaan

Pas lagi di kamar mandi eh diketuk-ketuk sama yang lagi antri, cepetan mbaaa jangan lama-lama banyak yang ngantri nih. Kondisi kayak gini bikin kita biasa jadi terburu-buru ya kannn. Akhirnya ga bersih deh cara basuhnya. Yang benar adalah membilas dari arah depan ke belakang. Bakteri E. Coli yang merupakan penyebab anyang-anyangan berada di anus, jadi kalau membilas dari belakang ke depan, khawatirnya bakteri itu malah terbawa ke depan (saluran kemih). Selain itu, sebaiknya gunakan air yang mengalir yaa saat membasuh organ intim. Lalu keringkan dengan baik baru deh pake celana dalamnya.

Penyebab Anyang-Anyangan Saat Liburan dan Tips Mengatasinya

Selain menerapkan ke empat cara di atas demi menghindari anyang-anyangan saat sedang liburan, ada cara lain yang cukup ampuh untuk diterapkan yaitu rajin mengkonsumsi buah cranberry sebagai solusi alami. Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Nah karena buah cranberry jelas sulit didapatkan di Indonesia, bisa mengkonsumsi ekstraknya yang juga sama bermanfaatnya.

Infographic prive uri cran

Saat ini sudah tersedia Uri-cran yang praktis bisa dibawa ke mana saja, ada Prive Uri-cran dalam bentuk kapsul yang mengandung 250 mg Ekstrak Cranberry, setiap boxnya berisi 30 kapsul dengan Dosis 1-2 Kapsul / Hari dan juga tersedia Prive Uri-cran plus bentuk serbuk siap seduh yang mengandung 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum, ada 15 sachet dalam setiap boxnya dengan dosis 1-2 Sachet / Hari.

Liburan kemarin, saya memilih membawa Prive Uri-cran Plus sebagai teman liburan demi bebas anyang-anyangan. Cukup diseduh dengan 150 mL air, aduk dan minum deh. Rasanya asam manis menyegarkan, jadi yaaa ga berasa minum obat sama sekali 😀 Kalau kamu, ngapain aja biar liburanmu tetap penuh sukacita dan bebas anyang-anyangan?

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − twelve =